Mengetik Arab [Windows]


Ada beberapa cara yang digunakan untuk bisa mengetik Arab, antara lain ada yang menggunakan software khusus seperti Minipad, Arab khot, dll. Dalam tulisan ini saya akan memberikan cara yang sudah disediakan oleh Microsoft Windows sendiri.

Mungkin bagi yang sudah mahir tutorial ini basi, tapi bagi teman-teman yang masih belum ngerti bisa disimak langkah-langkah berikut ini. Langsung aja:

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Kemudian masuk ke menu Date, Time, Language, and Regional Options
  3. Pilih submenu Add other languages atau Regional and Language Options
  4. Setelah tampil jendela Regional and Language Options, pilih tab Languages dan centang [tandai] install files for complex script and… [bla bla bla ] dengan mencentang ini berarti kita akan menginstall semua bahasa yang memiliki arah penulisan dari kanan ke kiri, termasuk Bahasa Arab.
  5. Kemudian Apply. Nah…. pada tahap ini Anda diminta memasukkan CD intaller Windows ke dalam CD-ROM
  6. Setelah proses copy files [instalasi] selesai, pilih [klik] tombol Detail. Disini kita akan menambahkan Input Language [bahasa masukan] yaitu bahasa Arab.
  7. Pilih Add, kemudian dari input language pilih Arabic (Saudi Arabia) dan keyboard layout biarkan pada pilihan default (awal). Setelah itu klik OK.
  8. Sampai disini proses menambahkan input language Arabic sudah selesai. Anda akan melihat Language Bar yang menandakan input bahasa yang sedang aktif, EN untuk English, IN untuk Bahasa Indonesia, dan AR untuk Arabic, pada sebelah kanan taskbar. Untuk bisa mengetik Arab, Buka MS Word kemudian klik language bar tersebut dan pilih Arabic.
  9. Untuk bisa mengganti arah penulisan dari kanan ke kiri pilih text direction.

Untuk sistem operasi yang lain misal Linux, Windows Vista dan Windows 7, cara yang digunakan hampir sama yaitu menambahkan support languagenya. Untuk Win Vista dan 7 berdasarkan pengalaman saya sudah terinstall otomatis bersamaan ketika instalalasi Windows. Untuk Linux biasanya kita harus download language packnya dulu kemudian diinstall.

Update: untuk cara mengetik Arabic di Windows 7 bisa dibaca di blog ane yang lain, di sini.

Semoga Bermanfaat.

8 thoughts on “Mengetik Arab [Windows]

  1. Maaf, sekedar menambah informasi: 1. Tidak ada ilmu yang basi, memang ilmu berkembang namun orang yang berilmu bukanlah orang yang hanya mengetahui ilmu yang up to date saja tanpa mengetahui perkembangannya hingga mencapai tahap up to date itu. Justru dengan mengetahui ilmu-ilmu yang out of date itu orang baru benar-benar memahami ilmu itu secara menyeluruh tidak parsial. 2. Masalah ini bagaimana menulis huruf Arab dengan komputer memang masalah yang kecil, banyak yang membahas, namun yang belum tahu lebih banyak daripada yang sudah tahu. Sampel kecil, dari 70 an guru di tempat saya mengajar hanya kurang dari lima orang yang tahu, dan dari sedikit yang tahu itu hanya 2 orang yang lincah. 3. Dari sekitar 300 an murid yang sya ajar hampir semuanya familiar dengan komputer, internet…namun ketika saya tanya mereka bahkan banyak yang tidak tahu kalau komputer bisa digunakan untuk menulis Arab. Terakhir: 4. Langkah di atas belum meliputi seluruh aspek yang dibutuhkan agar komputer dapat full support untuk menulis Huruf Arab. Maaf, semoga bermanfaat.

  2. terima kasih mas,bagi sy sangat bermanfaat,mudah2an ilmu yg telah diberikan ini dapat menambah berat timbangan amal anda di yaumil akhir kelak .. amin.

  3. setelah kompie disetting support arabic, antum gunakan arabic text editor Arabic Pad 1.4, penggunaanya sangat mudah dan praktis (menurut saya sebab dari sekian banyak rabictext editor yang saya coba inilah yang menurut saya paling baik) untuk fontnya Arabic Type Setting, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s