Ya Hamila Al Qur’an [يا حامل القرأن]


Nih liriknya:

يا حامل القرآن قد خصك الرحمن :: بالفضل والتيجان والروح والريحان

يا دائم الترتيل للذكر والتنزيل :: بشراك يوم رحيل ستفوز بالغفران

يا قارئ الآيات في الجمع والخلوات :: تزهو بك السماوات وتنتشي الأكوان

يا حامل القرآن

Terjemahannya kurang lebih seperti ini (mohon koreksi):

Wahai pengemban Al Quran, Ar Rahma sungguh telah mengkhususkanmu, dengan keutamaan dan mahkota-mahkota, dan ruh serta tumbuh-tumbuhan yang harum semerbak.

Wahai yang selalu menetapi tartil Al Quran, untuk berdzikir dan merendahkan diri (di hadapan Allah), kegembiraanmu pada hari keberangkatan (kematian) akan mendapatkan kemenangan berupa pengampunan.

Wahai pembaca ayat (Al Quran), dalam keramaian maupun dalam kesendirian, langit-langit bercahaya karenamu dan alam semestapun berseri.

Wahai pengemban Al Quran…

Secara ringkas, nasyid ini memberikan pujian kepada para pengemban Al Quran, yang akan diberikan keutaman-keutamaan oleh Allah Azza wa Jalla dan mahkota. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa diantara keutamaan pengemban Al Quran adalah seperti buah Utrujjah yang harum baunya serta manis rasanya (HR. Al Khomsah), dan juga akan diberikan derajat yang tinggi bersama para malaikat yang mulia (HR. Al Arba’ah), dan juga dikatakan kepada pengemban Al Quran “Bacalah, naiklah, dan tartillah sebagaimana engkau tartil di dunia,karena sesungguhnya derajatmu sesuai akhir ayat yang engkau baca”. (HR. Abu Dawud & Tirmidzi)

Selain keutamaan-keutamaan yang akan diberikan kepada pengemban Al Quran, juga akan diberikan mahkota. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda: Pada hari kiamat kelak Al Quran datang  seraya berkata, Ya Allah berilah ia (ahlu Al Quran) pakaian! Maka dipakaikan kepadanya mahkota kemuliaan, kemudian Al Quran berkata lagi, Ya Rabb tambahkanlah! maka dipakaikan kepadanya pakaian kemuliaan, kemudia Al Quran berkata, ya Rabb ridhoilah ia! maka Allahpun meridhainya, dan dikatakan kepadanya (ahlu Al Quran) bacalah dan naiklah dan ditambahkan kepadamu satu kebaikan pada setiap ayat”. (HR. Tirmidzi)

Subhana Allah…. amat banyak karunia yang Allah berkan kepada para pengemban Al Quran. Kami memohon kepadaMu, jadikanlah kami termasuk dari ahlu Al Quran, aamiin.

Ada tiga link yang saya temukan dalam Youtube untuk video nasyid tersebut. Dua yang lainnya dengan gambar yang berbeda dan tidak menampikan lirik nasyidnya. Ini link keduanya:

Sementara ini saya juga belum menemukan file .mp3-nya. Mungkin kalau ada yang tahu bisa di-share disini.

يا حامل القرآن قد خصك الرحمن :: بالفضل والتيجان والروح والريحان

يا دائم الترتيل للذكر والتنزيل :: بشراك يوم رحيل ستفوز بالغفران

يا قارئ الآيات في الجمع والخلوات :: تزهو بك السماوات وتنتشي الأكوان

يا حامل القرآن

6 thoughts on “Ya Hamila Al Qur’an [يا حامل القرأن]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s