Buah Utrujjah


Nama buah yang aneh, pernahkah Anda mendengar nama buah ini? Atau bahkan pernah melihatnya? Buah utrujjah adalah buah yang sangat harum aromanya, warnanya juga sangat indah sehingga menampakkan bahwa buah ini merupakan bukan buah sembarangan, seharum aromanya dan seindah warnanya rasanyapun sungguh manis melengkapi keunggulan buah ini dari jenis buah-buah yang lain. Semakin penasaran dengan buah ini?

Sesungguhnya buah ini bisa dimiliki semua orang mukmin. Buah yang sangat langka pada masa sekarang ini, namun sangat mudah didapatkan terutama pada bulan Ramadhan yang mulia ini.

عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم مثل المؤمن الذي يقرأ القرآن مثل الأترجة ريحها طيب وطعمها حلو ومثل المؤمن الذي لا يقرأ القرآن كمثل التمرة لا ريح لها وطعمها حلو ومثل المنافق الذي يقرأ القرآن كمثل الريحانة ريحها طيب وطعمها مر ومثل المنافق الذي لا يقرأ القرآن كمثل الحنظلة ليس لها ريح وطعمها مر )متفق عليه(

Dari Abu Musa Al Asy’ari r.a. dari nabi SAW bersabda: “perumpamaan seorang mukmin yang membaca Al Quran seperti buah utrujjah, yang baunya harum dan rasanya enak (manis), dan perumpamaan seorang mukmin yang tidak membaca Al Quran seperti buah kurma yang tidak berbau namun hanya rasanya saja yang manis, dan perumpamaan orang munafiq yang membaca Al Quran seperti buah roihanah yang baunya harum namun rasanya pahit, dan perumpamaan orang munafiq yang tidak membaca Al Quran seperti buah khandzholah yang tidak berbau dan rasanya juga pahit.” (Muttafaq ‘Alayh)

Yah……..Buah Utrujjah merupakan perumpamaan yang disebutkan Nabi Muhammad SAW untuk menyebut seorang mukmin yang selalu membaca Al Qur’an, menjaga (menghafal) nya, dan mengamalkannya. Seorang mukmin yang senang membaca Al Quran karena Allah Azza wa Jalla semata akan selalu mengeluarkan bau harum di mata semua orang, namanya akan tetap harum walaupun dia sudah tiada lagi di dunia ini. Seorang mukmin yang senang membaca Al Quran karena Allah Azza wa Jalla semata akan memancarkan sinar yang indah bercahaya membuat semua orang akan terpesona kepadanya. Dan yang paling penting seorang mukmin yang senang membaca Al Quran karena Allah Azza wa Jalla semata akan selalu menebarkan perkataan-perkataan manis penuh hikmah dari lisannya, perbuatannya pun semanis dengan apa yang diucapkannya.

Inginkah Anda memiliki buah Utrujjah ini? Maukah Anda untuk menjadi seperti buah Utrujjah ini? Senangilah membaca Al Quran, menjaga (menghafal) nya, dan mengamalkannya niscaya keindahan warnanya, keharuman aromanya, dan kemanisan rasanya akan dengan mudah Anda raih. Wallahu a’lam

9 thoughts on “Buah Utrujjah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s