Ucapkan Allahu a’lam………


Ucapkan Allahu a’lam untuk permasalahan yang kita masih samar ilmunya bagi kita, atau bahkan tidak mengetahui sama sekali. Karena dosa besar bagi orang yang berkata tentang suatu permasalahan dalam agama tenpa ilmu. Firman Allah SWT: Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.”
(Al-A’raf 33). Berdasarkan ayat tersebut sebagian ulama bahwa dosa orang yang mengatakan permasalahan tanpa ilmu lebih besar daripada dosa syirik. Dalam ayat lain disebutkan kita tidak boleh mengikuti apa-apa yang kita tidak mempunyai ilmunya, “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya” (Al-Isra’: 36)
Dan termasuk sebagian tanda akan datangnya hari kiamat seorang ulama yang memberi fatwa tanpa ilmu karena kebodohannya karena dengan fatwanya akan menyesatkan umat. Karena itulah pentingnya kita mengucapkan Allahu a’lam jika suatu permasalahan masih samar ilmunya bagi kita. Seorang yang mengatakan Allahu a’lam aku tidak tahu, tidak akan merendahkan derajatnya justru akan meninggikan martabatnya karena ia termasuk orang yang jujur dan bertanggungjawab.
Diceritakan bahwa pada suatu hari imam Malik bin Anas rahimahullah seorang mufti di Darul Hijrah (madinah) pada suatu hari didatangi seseorang untuk bertanya kepada beliau tentang 40 pertanyaan. Ternyata beliau imam Malik rohimahullah hanya mampu menjawab 4 pertanyaan dari 40 pertanyaan yang diajukan oleh orang tersebut selebihnya beliau menjawab laa adri (saya tidak tahu). Kemudian beliau berkata kepada orang itu naiklah ke kendaraanmu pulanglah ke kotamu dan umumkan saya telah bertanya kepada Malik dan dia menjawab tidak tahu.
Sebagaimana beliau imam Malik seorang mufti yang begitu luas ilmunya, guru dari imam Syafi’i rohimahullah dengan jujur mengatakan tidak tahu untuk sesuatu yang memang beliau tidak ketahui karena keterbatasan beliau sebagai manusia, hindaknya kita sebagai orang yang sangat jauh kapasitas keilmuannya dari beliau sebagai seorang yang masih dalam proses mencari ilmu jujurlah Anda mengatakan Allahu a’lam saya tidak tahu jika ada yang bertanya kepada Anda sedang Anda tidak mengetahu tentang hal yang ditanyakan itu. Janganlah takut atau malu wibawa Anda jatuh karena dengan demikian justru akan meninggikan derajat Anda karena Anda termasuk orang yang jujur, orang yang bertanggungjawab untuk kemaslahatan umat ini. Wallahu a’lam.

3 thoughts on “Ucapkan Allahu a’lam………

  1. pada prinsipnya bagus, mempunyai pemikiran alternatif yang dibutuhkan kaum awam… terus tingkatkan, karena pada dasarnya pemimpin yang bagus adalah seseorang yang mampu menyederhanakan persoalan…maju terus…afwan…doakan saya juga bisa menulis hal ikhwal tentang agama, seperti antum..

  2. Sudah cukup bagus sodaraku, namun alangkah nyaman kalo dibatasi readingnya berapa yang ditampilkan misal: 5 saja posting di front page. tambahkan widget yang sekiranya perlu untuk menyeimbangkan posisi posting agar tidak timpang. saya juga baru belajar sodaraku, jadi ya kurang banyak tau. tapi bisalah diusahakan supaya lebih expert. Guud lak ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s