Ternyata Menulis Tidak Mudah….


Ternyata menulis tidak mudah….
Ada banyak buku yang mengatakan bahwa membuat tulisan itu gampang, mudah dilakukan tapi pada kenyataan yang saya alami dan mungkin sebagian besar orang juga mengalaminya bahwa ternyata menulis itu tidak semudah yang digembar-gemborkan orang. Lha buktinya ……!! banyak buku yang membahas tentang tata cara membuat tulisan, motivasi jadi penulis dan sebagainya.

Ternyata menulis tidak mudah……
Apalagi untuk membuat tulisan tentang keilmuan yang tentu sifatnya ilmiah pastinya membutuhkan banyak pengetahuan dari penulisnya untuk dijadikan rujukan (referensi) guna memperkuat argumen yang ditulisnya. Jadi tidak sekedar copy (ctrl+c) and paste (ctrl+V). Kalau Cuma sekedar itu yang dilakukan, hasilnya tentulah tidak akan berbobot dan kadang nggak nyambung karena diambil dari berbagai sumber tanpa memperhatikan alur berpikirnya.

Ternyata menulis tidak mudah……
Jangankan untuk menulis, membaca pun bagi sebagian besar orang sangat memberatkan dan malas untuk melakukannya. Padahal proses untuk menjadi manusia berilmu adalah dengan membaca kemudian setelah itu dari hasil pengetahuan yang didapatkan dari membaca dituangkan kembali dalam sebuah tulisan yang menggambarkan ide dan pola pikir dari sang penulis.

Ternyata menulis tidak mudah……
Tapi segala sesuatu itu harus dipelajari, semua orang pasti melalui sebuah proses belajar. Jangan pernah menyerah pada sebuah keadaan, jangan menganggap diri tidak mampu. Katakanlah pada diri Anda bahwa Anda bisa melakukannya maka insya Allah Anda bisa melakukannya.

3 thoughts on “Ternyata Menulis Tidak Mudah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s