Dari Embrio Remaja Masjid Raden Patah Menjadi UAKI dan Ketakmiran MRP


Menurut sejarahnya Raden Patah adalah salah seorang anak dari Prabu Brawijaya yang terakhir, Raja Majapahit yang terkenal. Berkat dukungan para wali, Raden Patah berhasil mendirikan Daulah Islamiyah (Negara Islam) setelah menumbangkan kerajaan Majapahit. Lebih dari itu Raden Patah berhasil mengislamkan masyarakat Jawa yang sebelumnya merupakan penganut agama Hindu dan Budha. Dengan integrasi kepribadian yang tegar, lebih dari sekedar kemampuan strategis dan teknik, akhirnya Daulah Islamiyah berhasil merombak tatanan masyarakat secara dramatis. Itulah figur perjuangan Raden Patah.

Inspirasi historis dari semangat jihad Raden Patah itulah yang memacu semangat beberapa sivitas kampus Unibraw untuk mendirikan masjid di tengah kampus. Akhirnya berdirilah masjid kecil yang diberi nama Masjid Raden Patah. Kini setelah 20 tahun berdiri, masjid tersebut berkembang menjadi masjid yang cukup besar. Masjid Raden Patah merupakan tumpuan harapan umat, khususnya warga kampus.

Insan akademis merupakan ciri khas kampus, karenanya sebagai bagian dari sistem perguruan tinggi, Masjid Raden Patah menitikberatkan program kegiatan pada aspek pengkaderan. Pembinaan bagi mahasiswa diarahkan pada terbentuknya ulul albab atau sosok cendekiawan muslim masa depan.

Dari embrionya yang bernama remas (remaja masjid), kemudian berganti jama’ah pemuda dan akhirnya berubah menjadi Unit Aktivitas Kerohanian Islam (UAKI) hingga sekarang. Lembaga ini ibarat Depagnya lembaga kemahasiswaan Unibraw, karena memang secara struktural merupakan salah satu unit aktivitas di lingkungan Unibraw, akan tetapi sebagai salah satu lembaga yang terbentuk di masyarakat, lembaga ini sekaligus merupakan anak takmir.

Ciri khas kegiatan mencerminkan penerjemahan Tri Dharma Perguruan tinggi dalam kaca mata dakwah yakni meliputi kegiatan : pengembangan panalaran, minat dan bakat serta kesejahteraan dalam perspektif Islam.

Allahu Akbar !!!

One thought on “Dari Embrio Remaja Masjid Raden Patah Menjadi UAKI dan Ketakmiran MRP

  1. Assalamualaikum.. Ayo buktikan kalau UAKI itu memang mengabdi di masjid, yang saya lihat beberapa tahun terakhir bersikap kurang peduli dengan kondisi masjid. Apalagi kalau lihat sekretariatnya, apa karena tidak diberi kebebasan oleh takmir ya, lha emang siapa juga yang mau beri kebebasan kalau sikapnya seperti itu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s